Sabtu, 26 Desember 2015

Resensi Buku Kemahiran Berbahasa Indonesia


Oleh : Salis Awaludin (1423301292)
Judul               : Kemahiran Berbahasa Indonesia
Penulis            : Abdul Wachid B.S., S.S., M.Hum
                          Heru Kurniawan, S.Pd., M.A
Penerit            : Kalder Press, Purwokerto
Cetakan          : Ke III, Februari 2015
Tebal              : xv + 352 halaman
Sebagai warga negara yang baik tentunya kita harus mengetahui dan bisa berbahasa indonesia dengan baik dan benar untuk mempermudah kita dalam berkomunikasi dengan orang lain. Karena bahasa digunakan oleh manusia sebagai media untuk menyampaikan informasi dan perasaan pada orang lain (hal 1). Dengan bahasa juga kita bisa memngungkapkan apa yang ada dalam pikiran kita.
            Dalam mengungkapkan perasaan banyak cara yang sering dilakukan manusia, yakni dalam bentuk perkataan, tulisan, serta tindakan fisik yang dilakukan manusia, dari ketiga hal tersebut pasti menggunakan dan menghasilkan bahasa, namun kebanyakan yang dipilih manusia untuk mengungkapkan perasaannya yaitu dengan bentuk tulisan atau menulis, karena menulis dianggap sebagai cara yang pas untuk menyimpan pikiran-pikiran dan isi perasaan kita yang nantinya dirangkai dalam bentuk huruf atau kata yang mengandung makna, namun ada pula yang menganggap menulis sebagai kegiatan yang rumit, karena harus memilih kata-kata yang baku yang sekiranya sesuai dan dapat dipahami oleh pembaca. Sebenarnya bukan rumit tetapi tidak terbiasa, orang memiliki kecenderungan lebih suka berbudaya lisan dari pada budaya tulis (hal 177).
            Dalam menulis pun kita harus memiliki kemampuan dan ketrampilan, untuk itu kita harus memahami karakteristik dalam menulis. Menulis merupakan serangkaian kegiatan kreatif (yang meliputi menentukan masalah, mengumpulkan data, menuliskan, merevisi dan editing, dan mempublikasikannya); dalam mengungkapkan gagasan (sebagai ilmu pengetahuan dan perasaan sebagai empati orang); untuk mempersepsi dan menelaah persoalan-persoalan yang ada di sekeliling atau masyarakat; dan dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan karakteristik penulisnya (hal 178). Setelah kita memahami karakteristik-karakteristik dalam menulis, tentunya kita tak perlu ragu lagi untuk mulai berkarya dalam bidang tulis menulis. Karena kita ketahui menulis juga dapat menghasilkan berupa materi, apabila kita berani untuk mencoba menawarkan tulisan-tulisan kita agar dapat dimuat dalam surat kabar atau majalah, tentunya selain materi yang kita dapat pasti akan ada rasa kepuasan tersendiri dalam diri kita.
            Menulis juga ada tata caranya, agar tulisan kita nantinya baik dan benar sesuai apa yang ada dalam aturan-aturan menulis, dan juga bisa memudahkan pembaca untuk lebih memahami makna yang ada dalam tulisan kita. Di pasaran banyak sekali buku-buku yang di dalamnya membahas tentang tata cara menulis yang baik dan benar. Seperti menulis karya ilmiah, sastra dll. Salah satunya adalah buku karya Abdul wachid B.S dan Heru kurniawan yang berjudul “Kemahiran berbahasa Indonesia”. Di dalam buku ini banyak membahas tentang kepenulisan baik tulisan ilmiah, sastra, maupun ilmiah-populer, selain itu juga di bahas tentang sejarah bahasa dan tata cara berbahasa yang baik.

            Jadi bagi penulis-penulis pemula, mahasiswa, bahkan penulis yang sudah profesional buku ini sangat baik apabila di jadikan rujukan atau pedoman dalam pembelajaran menulis, sehingga nantinya setelah mempelajari buku ini diharap menulis yang tadinya hanya sekedar hobi, dan hanya oret-oretan semata, nantinya dapat berubah menjadi tulisan-tulisan yang berbobot dan pembaca pun menjadi mudah memahami tulisan-tulisan kita.

2 komentar: